BERITA

05 Dec

Satu Dalam Kasih Kendari

Ribuan Berkat Tercurahkan di Pulau Berkaki Indonesia

Di penghujung Oktober 2015, Program Satu Dalam Kasih (SDK) Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) kembali hadir untuk menyebarkan Kabar Baik untuk gereja-gereja dan umat kristiani yang ada di kabupaten Konawe, Konawe Selatan, Mekongga Timur, Kolaka, Kolaka Timur, dan Buton di Provinsi Sulawesi Tenggara. Tim SDK LAI yang datang langsung untuk menyebarkan Alkitab dukungan Program SDK LAI di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara ini, selain staf Departemen Komunikasi & Pengembangan Kemitraan LAI, staf promotor LAI Perwakilan Makassar, Mitra LAI dan Kelompok Kerja Penggalangan Dukungan (KKPD) Tarakan, Kalimantan Timur. Sejak tanggal 26 s/d. 30 Oktober 2015, Tim SDK LAI memilih Guest House Sinode Gereja Protestan di Sulawesi Tenggara (Gepsultra) yang ada di kota Kendari ini sebagai home base kegiatan selama penyebaran Alkitab SDK di wilayah Sulawesi Tenggara. Dipilihnya wilayah tersebut, karena gereja-gereja dan umat kristiani yang ada di pelosok Sulawesi Tenggara ini, banyak yang belum bisa memiliki Alkitab oleh karena tingkat perekonomian yang masih rendah dan kondisi geografisnya yang masih terpencil.

Sejak pertama kali berangkat dari Jakarta, Tim SDK LAI sudah mengalami hambatan, salah satunya dampak kabut asap akibat kebakaran hutan di beberapa wilayah Indonesia. Hal ini menyebabkan beberapa penerbangan menuju Kendari ditunda dan dibatalkan. Hambatan lain disebabkan human error dari pihak maskapai penerbangan juga salah satu faktor penghambat Tim SDK Kendari. Hal ini mengakibatkan Tim harus terpisah satu sama lain, sehingga mengganggu jadwal pendistribusian Alkitab SDK yang sudah disiapkan. Namun berkat doa dan penyertaan Tuhan Yesus, Tim SDK LAI dapat melewati hambatan ini dan melanjutkan perjalanannya sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.
Pendistribusian di hari pertama, Tim SDK LAI menuju daerah Konawe Selatan, selain membagikan Alkitab kepada gereja dan umat kristiani yang ada tim juga berkesempatan untuk singgah di rumah doa GPdI (Gereja Pantekosta di Indonesia) Jemaat Anugerah Lapoa Indah. Tim SDK LAI tiba dilokasi tersebut pada jam 13.00 waktu setempat dan disambut dengan ramah dan penuh sukacita dari jemaat-jemaat setempat. Di wilayah ini Tim SDK LAI mendistribusikan Alkitab dan buku paket sekolah minggu kepada 24 gereja, yaitu GPdI Eklesia Masagena, GPdI Anugerah Lapoa Indah, GPdI Moria, GPdI Pombbulaa Jaya, GPdI Wuura, GPdI Eklesia Amoito, GPdI Lamoeri, GPdI Byke, Gepsultra Jemaat Wawobende, Gepsultra Jemaat Torolelekaa Lalosingi, Gepsultra Jemaat Syalom Masagena, Gepsultra Jemaat Sion Kendari, Gepsultra Jemaat Siloam Panggaluku, Gepsultra Bakal Jemaat Pudahoa, Gepsultra Jemaat Maesa Lelekaa, Gepsultra Jemaat Wolasi, Gepsultra Jemaat Konda-Lamomea, Gepsultra Jemaat Tiberias Pambulaa Jaya 13, Gereja Sahabat Indonesia, Gereja Kristen Alkitab Indonesia, GPT Petra, GKAI Jemaat Rano Oha Lestari dan GKAI Jemaat Tirtamartani. Untuk wilayah ini, ada 5 Alkitab Edisi Studi yang diberikan kepada Pendeta dan Hamba Tuhan, 720 Alkitab dengan Kidung Jemaat, 408 Alkitab Anak, 313 Alkitab Dewasa dan 200 Komik Alkitab.

Menginjak hari kedua, Tim Program Satu Dalam Kasih Kendari melanjutkan perjalanannya menuju Kabupaten Kolaka dan Kolaka Timur. Jarak kedua kabupaten ini sangatlah jauh sehingga kami harus berlomba-lomba dengan sang mentari untuk menuju lokasi-lokasi pendistribusian Alkitab. Medan yang sulit dan kurang bersahabat bukan lagi hal baru bagi kami. Berbagai rintangan harus kami lalui dengan sabar, terlebih lagi karena mobil Tim Satu Dalam Kasih Kendari mengalami kerusakan mesin yang mengakibatkan kecelakaan ringan. Namun kesemuanya itu kami lalui dengan penuh sukacita.

 

Akhirnya kami tiba dilokasi pertama, yaitu di Kabupaten Kolaka. Senyum dan tawa riang gembira para jemaat menghiasi sepanjang langkah kami menuju gereja. Mereka menyambut kami dengan sukacita yang besar, mengingat lokasi ini adalah lokasi transmigran dari pulau Jawa dan Bali, yang sangat terpencil dan sulit dijangkau. Di kabupaten ini, Tim Satu Dalam Kasih Kendari mendistribusikan Alkitab dan bagian-bagiannya kepada 37 gereja, 1 Sekolahan Alkitab dan 1 Panti Asuhan. Mereka adalah gereja Gepsultra Jemaat Salareka Uepai, Gepsultra Bakal Jemaat Kalvari Olo Oloho, Gepsultra Jemaat Duriaasi, Gepsultra Sanggona, Gepsultra Jemaat Samaturu Amesiu, Gepsultra Bakal Jemaat Puasana, Gepsultra Jemaat Getsemani Lahumbuti Hilir, Gepsultra Jemaat Pondihala, Gepsultra Jemaat Elim Besultu, Gepsultra Jemaat Imanuel Prata Taman Sari, Gepsultra Jemaat Wutamea Wawolemo, Gepsultra Jemaat Wanasabe Nario Indah, Gepsultra Jemaat Oikumene Sukamaju, Gepsultra Pancaran Kasih Karandu, Gepsultra Jemaat PNEIL Linonggaasay, Gepsultra Jemaat Nafiri Lambuya, Bakal Jemaat Ambulano, Gepsultra Jemaat Monapa Puriala, Gepsultra Sinar Kasih Olo-Oloho, Gepsultra Jemaat Imanuel Waworoda Jaya, Gepsultra Jemaat Sion Unaha, Gepsultra Jemaat Betania Inalahi Wawatobi, Gepsultra Elsyadai Nohu-Nohu, Panti Asuhan Harapan Baru Lambuya, GPI Langgomea, GBT Kristus Alfa Omega, Gereja Kibaid Unaaha, GPDi Eben Haezer, GPDi Betesda Laloika, GPDi Puuduria, GPDi Efrata Unaaha, GPDi Jemaat Mata Iwol, GPDi Lasolo, GPDi Jemaat Baitani Tawarotebota, GKII Puunaha, GPDi Nekudu, Gereja Betani Cabang Unaaha, GPDi Jemaat Gloria dan Sekolah Alkitab Kendari . Dilokasi ini Tim Satu Dalam Kasih Kendari mendistribusikan 6 Alkitab Edisi Studi, 932 Alkitab dengan Kidung Jemaat, 899 Alkitab Anak, 334 Alkitab dan komik-komik Alkitab.